Akibat Hujan Deras Longsor Cisewu Menyeret Avanza Hingga Masuk Jurang

Akibat Hujan Deras Longsor Cisewu Menyeret Avanza Hingga Masuk Jurang

Dicurigai Ingin Menculik Anak, Seorang Wanita Tertangkap Nyaris Dihakimi Warga
Seorang Ibu Rumah Tangga di Purwakarta Ditemukan Tewas Gantung Diri
Ngeri, Dua Nyawa Remaja Melayang Setelah Terjatuh dari Motor  dan Terlindas Mini Bus

Jabarzone.com, Garut – Hujan deras mengakibatkan tanah dikecamatan Cisewu longsor hingga menyeret sebuah kendaraan berpenumpang tiga orang nyaris masuk jurang dengan kedalaman 50 meter yang pada pagi masih berada dijurang ini tepat Jl. Raya Talegong-Cisewu, Desa Mekarsewu, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Sabtu (3/11/2018).

Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 16.30 WIB, Jumat (2/11/2018) kemarin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, korban Endang (31) salah seorang yang mengemudi kendaraan tersebut, membawa dua orang penumpang Ny Elis (39) dan Asep Uloh (41) warga Kampung Pulosari Kec. Pangalengan Kab. Bandung, melintas jalan tersebut tiba-tiba tebing di pinggir jalan, longsor dan menyeret Avanza yang sedang melaju di Kampung Pasir Anjing Kecamatan Cisewu Garut,” terangnya

Pengemudi dan dua orang penumpang tersebut nampak terjebak di dalam mobil tak bisa keluar. Ketiganya ikut terseret longsor dan masuk ke jurang sedalam 50 meter tersebut.

Petugas dari kecamatan, Polsek dan Koramil setempat langsung terjun ke lapangan melakukan evakuasi terhadap para korban.

“Hujan yang deras dan terus menerus di Cisewu dan Talegong, memicu kejadian longsor di beberapa titik, termasuk tebing jalan Pasir Anjing,” ujar Camat Cisewu, Doni Rukmana, Sabtu (3/11/2018).

Meskipun medan sangat berat ditambah cuaca hujan, mereka turun ke jurang untuk menyelamatkan para penumpang Avanza.

“Beruntung ketiga penumpang hanya mengalami luka-luka dan langsung dirawat di Puskesmas Cisewu. Namun mobilnya hingga kini masih berada di jurang. Untuk mengangkatnya ke jalan, harus menggunakan alat berat,” kata Doni.

Ia menghimbau pengguna jalan raya di daerahnya agar selalu waspada dan hati – hati, apabila terjadi hujan yang cukup deras jangan memaksakan melanjutkan perjalanan sebab kawasan Cisewu memang rawan longsor.

Hal senada diungkapkan petugas PMI Kabupaten Garut, Dikdik Hendrajaya. Dikdik yang cukup lama bertugas di BPBD menyatakan, kawasan jalan di Selatan memang rawan longsor.

“Lebih baik istirahat di tempat yang aman dan ramai jika turun hujan sangat deras,” pungkasnya.

Jurnalis : Agus P

COMMENTS