Bawaslu Purwakarta Menertibkan APK yang menempel di Kendaraan

Bawaslu Purwakarta Menertibkan APK yang menempel di Kendaraan

HUT Ke 56 Yonarmed 9 Pasopati Gelar Karya Bhakti Bersihkan Lingkungan dan Mesjid
Gathering Pecinta Motor, Coklat Retro Coffee Braake, Sukses Digelar di Purwakarta
Miliki Gedung Baru, Layanan Rumah Sakit Bayu Asih Kini Berbasis Online

Jabarzone.com, Purwakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purwakarta lakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK)  yang menempel pada kaca kendaraan. Operasi dilakukan disejumlah ruas jalan arteri di Kabupaten Purwakarta, Jumat (7/12/2108)

Diketahui Bawaslu, dalam penertiban itu juga didampingi Satlantas Polres Purwakarta, Dishub, Organda setempat dan juga Satpol – PP Purwakarta yang bertindak sebagai eksekutor penertiban.

Koordinatosr Divisi (Kordiv) Penindakan Bawaslu Purwakarta, Siti Nurhayati, mengatakan penertiban bahan kampanye tersebut dilakukan guna menindaklanjuti surat peringatan yang diberikan kepada tim pelaksana kampanye maupun tim sukses partai pengusung dan surat dari Dishub dan Organda yang disampaikan kepengusaha angkutan kota dalam pemasangan branding (one way).

“Penertiban ini mendasar pada perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018 tentang pengawasan kampanye pemilihan umum 2019 pada pasal 24 huruf d,” kata Siti melalui pesan singkatnya.

Siti menjelaskan, isi Perbawaslu tersebut menyatakan bahwa bahan kampanye tidak disebarkan atau ditempelkan di tempat umum salah satunya di sarana dan prasarana umum.

Selain mendasar pada Perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018, lanjut Siti, untuk memperkuat langkah Bawaslu dalam melakukan penertiban alat peraga kampanye dan bahan kampanye tersebut, Bawaslu Kabupaten Purwakarta mendasar pada surat edaran Bawaslu Nomor 1990 tertanggal 23 November 2018 perihal pengawasan metode kampanye Pemilu 2019 point 5.

“Kami berharap penertiban ini dapat memberi dampak yang signifikan bagi seluruh peserta kampanye, sehingga rasa sadar dalam melakukan pemasangan bahan kampanye sesuai dengan undang undang pemilu yang berlaku,” ucap Siti.

Jurnalis : Deni Ramdani

Editor : Rizky P

COMMENTS