BPJS TK Purwakarta Ingatkan Pekerja Informal Akan Manfaat Perlindungan Jaminan Sosial

BPJS TK Purwakarta Ingatkan Pekerja Informal Akan Manfaat Perlindungan Jaminan Sosial

Kejari Tasikmalaya adakan Launching Aplikasi e-TP4D
DPMD Purwakarta Mulai Sosialisasikan Anggaran Dana Desa 2018
KSR UNSIL Sosialisasikan Pentingnya Donor Darah Bagi Kesehatan

Jabarzone.com, Purwakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Cabang Purwakarta gencar menggelar sosialisasi program dengan sasaran pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU).

Sosialisasi Program BPJSTK yang digelar di Aula Desa Kembang Kuning kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta tersebut dihadiri ratusan warga dari berbagai latar belakang. Turut hadir pula Anggota Komisi IX DPR-RI Drg Putih Sari.

Kepala BPJSTK Cabang Purwakarta H Didi Sumardi SE dalam sambutannya mengatakan, melalui sosialisasi ini pihaknya ingin memberikan pemahaman betapa pentingnya menjadi peserta BPJSTK. “Ini untuk kesejahteraan mereka (para pekerja BPU, Red). Dan mereka ini memiliki hak yang sama dalam mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata Didi. Kamis (13/9/2018)

Dijelaskannya, pekerja pada katagori ini merupakan para pekerja yang bekerja pada sektor informal, seperti di antaranya para pedagang kaki lima, pedagang bakso tahu, petani KJA, tukang ojek, pedagang pasar, dan masih banyak lainnya,” kata Didi.

Dirinya menyebutkan, program BPJSTK untuk kategori BPU tidak berbeda dengan program yang diajukan untuk pekerja yang menerima upah. Manfaat yang didapat BPU juga hampir sama dengan penerima upah.

“Khusus untuk pekerja BPU, dapat mengikuti dua program, yaitu program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK) dengan premi hanya Rp16.800. Namun pekerja BPU dapat juga secara sukarela mengikuti Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP),” ujarnya.

Menurut Didi, ada banyak manfaat yang didapat jika mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan, seperti pekerja akan menerima pengobatan sampai sembuh tanpa ada batasan biaya jika terjadi kecelakaan kerja. “Saat pekerja meninggal bukan karena kecelakaan kerja, maka ahli warisnya akan mendapatkan manfaat program jaminan kematian sebesar Rp24 juta,” kata Didi.

Selain itu, katanya, perlindungan BPJSTK kepada BPU dilengkapi dengan kemudahan akses dengan pendaftaran dan pembayaran iuran secara online. “Proses pendaftaran dan pembayaran bagi pekerja BPU sangat mudah dan tersebar dengan diberikannya akses online dan melalui mitra kerja sama perbankan maupun non-perbankan,” ucap Didi.

Jurnalis : Deni Ramdani

COMMENTS