Dengan Adanya BUMDES, Tidak Ada Alasan Lagi Desa Tak Punya Dana

Dengan Adanya BUMDES, Tidak Ada Alasan Lagi Desa Tak Punya Dana

104 Kader dan Anggota Sipatutat Ikuti Pelatihan Kader di Pangandaran
SCAI Beri Pelatihan Agroforestry Pada Petani Kopi

Jabarzone.com, Tasikmalaya – Acara pelatihan dan Sharing Sesion BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) se Kabupaten Tasikmalaya, di Balroom Raflesia Hotel Santika Tasikmalaya, Kamis (8/3/2018) pagi tadi, ternyata mendapat respon positif dari para peserta yang hadir sekitar 248 Ketua BUMDES bersama pendamping se Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam acara yang digagas oleh BRI cabang Tasikmalaya tersebut, menghadirkan Narasumber seorang Direktur BUMDES Desa Ponggoh Kab.Klaten Jawa Tengah, Joko Winarno yang memberikan pengalamannya mengelola BUMDES dan berhasil menghimpun PAD di desa nya sebesar Rp.4,4 Milyar pertahun. Bahkan BUMDES Ponggoh ini oleh Pemerintah RI mendapat predikat BUMDES Terbaik se Indonesia.

Beberapa pencerahan masukan serta beberapa materi yang diberikan kepada para peserta tentunya menjadi penyemangat dan manfaat yang dirasakan oleh para Ketua BUMDES.

Dalam kegiatan pelatihan dan sharing Sesion tersebut, para peserta dibekali, filosofi dan tata kelola BUMDES, Pemetaan potensi dan pemeliharaan jenis usaha, Penyusunan AD/ART dan Raperdes serta Praktek sistem aplikasi BUMDES.

Pelatihan berjalan dengan lancar dan para peserta sangat antusias dalam mengikuti sesi demi sesi pelatihan. Hal tersebut dapat terlihat dari bayaknya peseta yang bertanya dan berpartisipasi selama proses pelatihan.

“Dengan adanya BUMDES ini tidak ada lagi alasan Desa tidak memiliki dana,” ujar Joko mengakhiri paparannya.

Jurnalis : Tono Efendi

COMMENTS