Jabatan Ruhimat Dinyatakan Aman sebagai Ketua DPRD Kab.Tasik

Jabatan Ruhimat Dinyatakan Aman sebagai Ketua DPRD Kab.Tasik

Pasca Anak Buahnya Kena OTT, Kadis Pendidikan Masuk Rumah Sakit
Wabup Tasik Lepas Kontingen Porda XIII Kabupaten Tasikmalaya
Duh, Bantuan DAK 2017 untuk SD di wilayah Salopa diduga Disunat ?

Jabatan Ruhimat Dinyatakan Aman Sebagai Ketua DPRD Kab.Tasik

Jabarzone.com, Tasikmalaya-
Jabatan Posisi H.Ruhimat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Periode 2014-2019, berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Tasikmalaya No 10/Pdt.Sus-Parpol/2018/PN Tsm, mengabulkan eksepsi Para Tergugat Konpensi/Para Penggugat Rekonpensi.

“Putusan Pengadilan Negeri Tasikmalaya No 10/Pdt.Sus-Parpol/2018/PN Tsm sangat melegakan Penggugat dalam hal ini klien kami H.Ruhimat alias Mamat Ruhimat,” ungkap kuasa hukum Ruhimat, Dani Safari Effendi SH, Ecep Sukmanagara SPd SH, M Hidayat SH, kepada Jabarzone.com, Sabtu (26/5/2018) pagi tadi.

Sebagaimana yang diberitakan Jabarzone.com sebelumnya, kasus perkara gugatan H.Ruhimat alias Mamat Ruhimat Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya melawan Ketua Umum PPP Pusat Romahurmuziy, berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Kelas IA Tasikmalaya, dinyatakan dalam konvensi dalam eksepsi mengabulkan eksepsi Para Tergugat Konpensi/Para Penggugat Rekonpensi.

Menurut Dani Safari, dalam provisi, Pengadilan Menolak tuntutan provisi Penggugat konpensi/Tergugat Rekonpensi. Dalam pokok perkara menyatakan, gugatan Penggugat konpensi/Tergugat Rekonpensi tidak dapat diterima.

Lebih lanjut Dani menjelaskan, dalam Rekonvensi menyatakan, gugatan Penggugat Rekonpensi/Tergugat Konpensi VII dan VIII tidak dapat diterima, dan dalam Konvensi dan Rekonvensi Menghukum Pengugat Konpensi/Tergugat Rekonpensi untuk membayar biaya perkara, sampai hari ini ditetapkan sejumlah Rp.1.322.000,(satu juta tiga ratus dua puluh dua ribu rupiah), jelas Dani.

“Kami sangat puas dan lega atas putusan Hakim PN Tasikmalaya, artinya klien kami H Ruhimat alias Mamat Ruhimat masih tetap sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya 2014-2019,  sehingga tidak terganggu jabatannya,” ucapnya.

Ketua DPRD itu merupakan jabatan publik sementara yang diterima di eksepsi hanya sengketa partai saja, dan ini harus ke Mahkamah Partai. Oleh karena itu, masih kata Dani,  baik Penggugat maupun Tergugat yakni kedua duanya tidak pernah mengajukan ke Mahkamah Partai.

“Gugatan Ruhimat sebagai Ketua DPRD tidak diterima,  sebaliknya gugatan Romahurmuziy sebagai Ketua Umum PPP  pun juga tidak diterima,” terangnya.

Dalam hal ini yang paling penting dan melegakan malah putusan ini klien kami bisa mendaftarkan ke partai politik manapun tanpa batas karena tidak terdaftar di sipol PPP, lanjutnya.

Namun pada prinsipnya,  gugatan ini justru mengamankan Jabatan Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang dijabat oleh H Ruhimat.

Dani pun menyatakan, kliennya saat ini mengharapkan diajukan KASASI ke Mahkamah Agung RI agar Putusannya bisa seperti Putusan Fahri Hamzah Wakil Ketua DPR-RI, dan klien kami dalam hal ini tidak akan mengajukan ke Mahkamah Partai, katanya.

Namun demikian, Majelis Hakim  Pengadilan pasca membaca putusan mengatakan, hal ini masih ada upaya peluang damai selama bulan Ramadhan dan mempersilahkan kasasi ke Mahkamah Agung RI ke masing-masing pihak.

Jurnalis : Tono Efendi

COMMENTS