Kades Sukarasa Himbau Warganya Agar Waspada Terhadap Bahaya Longsor

Kades Sukarasa Himbau Warganya Agar Waspada Terhadap Bahaya Longsor

Sekda Jabar Buka Jambore Remaja Masjid WADA ke-4 Se-Priangan Timur
Dinas PRKP Kab.Tasikmalaya Lakukan Sosialisasi Pasimas 3
Wabup Ade Sugianto Jadi Irup Upacara HUT TNI Ke 73 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya

Jabarzone.com, Tasikmalaya– Kepala Desa Sukarasa Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya Tete Abdul Manaf tak henti hentinya menghimbau warganya yang tinggal di daerah rawan longsor untuk terus waspada dan berhati hati dikala musim penghujan datang.

Menurutnya, di Desa Sukarasa ada beberapa titik yang rawan longsor dan tanah labil,terutama ada empat titik yang paling parah.

“Disetiap pertemuan atau pengajian rutin, saya selalu menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada, seharusnya itu sudah di relokasi, namun saya bingung harus kemana, karena tidak ada lahan lagi,” paparnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, sampai saat ini masih ada pengungsi yang tinggal tak jauh dari kantor desa, itu yang kejadian bencana beberapa bulan lalu, mereka tidak bisa kembali lagi kerumahnya, karena tempat tinggal mereka sudah rata dengan tanah. “Saya terkadang bingung, harus di pindahkan kemana lagi, sedangkan tanah yang di tinggali para pengungsi itu adalah tanah milik warga lain,” imbuhnya kepada jabarzone.com, Sabtu (15/9/2018) siang tadi.

Salah seorang pengungsi mengatakan bahwa dirinya sudah tidak bisa lagi pulang kerumahnya karena tidak punya biaya untuk membangun rumah lagi.

“Saya bingung pak, harus pergi kemana lagi, sedangkan tanah yang sebelumnya saya tinggali sudah tidak bisa di bangun lagi karena tanahnya labil,” keluhnya.

Kepala Desa Sukarasa kini hanya bisa membantu alakadarnya, dan berharap ada bantuan untuk merelokasi rumah warganya yang tinggal di lereng lereng bukit, agar dikala musim penghujan datang tidak terjadi lagi bencana yang menimbulkan korban jiwa.

Jurnalis : Engkos

COMMENTS