Keren, Pemilihan Ketua RT di RW 07 Tundagan layaknya Pilkada dan Pilpres

Keren, Pemilihan Ketua RT di RW 07 Tundagan layaknya Pilkada dan Pilpres

Sukses Jadi Pengacara Muda, Dani Safari Lebih Suka Disebut Pekerja Sosial
PKL Dadaha Berharap Pemkot Bisa Bantu Kebutuhan Sehari Hari
Demi Kemaslahatan Ummat, Camat Tawang Dukung Mudzakarah MUI Kota Tasik

Jabarzone.com, Tasikmalaya – Pemilihan Ketua RT di lingkungan RW.07 Kp.Tundagan Kelurahan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, bak Pilkada dan Pilpres.

Masyarakat yang berada RT.01, RT.02 dan RT.03, Minggu (9/9/2018) pagi berduyun duyun menuju TPS untuk memilih Ketua RT. Uniknya pemilihan tersebut dilakukan secara serentak pada hari itu.

Menurut Ketua RW 07, Dani Safari Efendi SH menjelaskan, pemilihan Ketua RT ini dilakukan secara serentak. Dan pesta demokrasi warga RW 07 ini sengaja dilakukan secara terbuka, transpatan, jujur dan adil atau LUBER (Langsung Umum Bebas dan Rahasia).

“Pemilihan tiga Ketua RT sekaligus ini, mirip dengan pilkada atau pilpres, dilakukan secara serentak dengan beberapa tahapan seperti penjaringan, pengumuman hingga pencoblosan dan penghitungan suara di masing masing TPS, termasuk berita acara penerapan pemenang,” terang Dani.

Bahkan sebelum dimulai pencoblosan, para petugas KPPS RT dilakukan sumpah dan janji. Bahkan kotak suara pun dibuat transparan agar masyarakat bisa melihat langsung surat kotak suara.

Dalam proses pemilihan teraebut, Dani Safari selaku Panitia Pemilihan yang juga Ketua RW 07 melakukan sumpah dan janji berdasarkan SK yang dikeluarkannya kepada anggota KPPS diantaranya,  Usep Hermawan S.Kom, Kodir Jelani, Ade Sarifudin,Engkos Kosasih, Wahyu Somantri,Akuy Maskur, Ai Etin menjelaskan.

“Pemikihan Ketua RT ini merupakan simbol menjelang Pilpres 2019 yang akan datang, dimana kami dalam setiap pemilihan selalu mengedepankan kedaulatan rakyat,  jadi rakyat langsung yang mengusulkan Calon Ketua RT nya berdasar indek KKK,” kata Dani yang juga berprofesi Pengacar/Advokat kepada Jabarzone.com.

Apa yang dilakukan Dani itu sebetulnya memberikan pesan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap RT/RW yg telah mengabdi pada masyarakat tanpa pamrih dan tidak ada gaji yang layak.

Adapun hasil pemilihan serentak Pada pemilihan Ketua RT dilingkungan RW 07 pemenangnya  adalah, Ukon Furkon terpilih sebagai Ketua RT.01,  RT 02 oleh Ade Budi Sanura dan RT 03 oleh E Nanang Sumarna. Dan jumlah suara hak pilih kurang lebih sekitar 300 orang yang ada diwilayah RW 07 Tundagan.

Jurnalis : Tono Efendi

COMMENTS