KKN Mahasiswa UMTAS Disambut Baik Warga Parungponteng

KKN Mahasiswa UMTAS Disambut Baik Warga Parungponteng

Pasca Anak Buahnya Kena OTT, Kadis Pendidikan Masuk Rumah Sakit
Kang Uu Bersyukur Kabupaten Tasikmalaya Raih WTP Empat Kali Berturut
Empat Hari Diguyur Hujan, 4 Kampung di Kabupaten Tasik Terendam Banjir

Jabarzone.com, Tasikmalaya
Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa jurusan keperawatan Universitas Muhamadiyah Tasikmalaya (UMTAS), Jumat (24/8/2018) lalu mengadakan kegiatan bhakti sosial berupa donor darah bersama warga Desa Cigunung Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya.

Ratusan warga sejak pagi sudah berduyun duyun relokasi Bhakti sosial. Mereka saling berganti dan antri untuk diperiksa darah dan melakukan donor darah.

Menurut koordinator KKN mahasiswa UMTAS, Osep Yasir menjelaskan, keberadaan mahasiswa UMTAS diwilayah kecamatan Parungponteng tiada lain untuk melaksanakan tugas KKN.

“Kegiatan KKN mahasiswa UMTAS ini akan berlangsung selama 5 pekan, dan jumlah mahasiswa ada 50 orang dengan dibagi beberapa kelompok yang tersebar di wilayah Kecamatan Parungponteng,” terang Osep Yasir kepada Jabarzone.com, Sabtu (25/8/2018) sore kemarin.

Menurutnya, dalam rangkaian program KKN, kegiatan bhakti sosial selain donor darah juga dilakukan pemeriksaan kesehatan lainnya, seperti pada pemeriksaan golongan darah bagi ibu hamil dan masyarakat Desa Cigunung lainnya.

“Kegiatan bersama warga ini dilaksanakan di akhir pekan ke lima. adapun maksud dan tujuan kegiatan baksos ini diselenggarakan selain untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, juga untuk meningkatkan rasa solidaritas pada sesama manusia dan sekaligus mengetahui golongan darah masing-masing warga Desa Cigunung,” kata Osep.

Dalam kesempatan tersebut, Osep pun  merasa bersyukur dan mengucap terima kasih kepada Camat Parungponteng Kepala Desa, BPD, PKK, Karang Taruna dan seluruh elemen masyarakat Desa Cigunuhg Khususnya pada  yang telah ikut membantu terselenggaranya KKN dan pelaksanaan bakti sosial donor darah, pemeriksaan golongan darah dan pemeriksaa kesehatan lainnya.

“Apalah  artinya kami jika kegiatan ini  tanpa adanya  dukungan dari berbagai pihak, khususnya Pemerintahan Desa Cigunung beserta seleuruh masyarakatnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cigunung, Kosasih (63) mengaku sangat terbantu dan menyambut baik dengan kegiatan KKN mahasiswa UMTAS diwilayahnya.

“Atas nama warga dan Pemerintahan Desa Cigunung, kami merasa bersyukur,  karena dengan kehadiran para mahasiswa mahasiswi  tersebut, wawasan dan pengetahuan warga Desa Cigunung bertambah khususnya mengenai kesehatan,” ucapnya kepada wartawan.

Selain itu, warga pun bisa menimba ilmu yang lainnya,   seperti manfaat sosial berbagai kepedulian terhadap sesama manusia dan utamanya mengenai hidup sehat.

Oleh karena, dengan adanya KKN Mahasiswa UMTAS Tasikmalaya, diharapkan mampu mendongkrak derajat kesehatan warga Desa Cigunung Warga pun semakin sadar akan arti kesehatan dan kebersihan lingkungan.

“Kami berharap, pada dosen pembimbing,  layak kiranya memberikan nilai yang optimal pada para mahasiswi yang melaksanakan KKN di Desa Cigunung, khususnya Kecamatan Parungponteng,” pungkasnya.

Jurnalis : Zank SW/Ade Ridwan

COMMENTS