Kunjungi Situ di Depok, Ini Gagasan Ridwan Kamil

Kunjungi Situ di Depok, Ini Gagasan Ridwan Kamil

Alat Peraga Kampanye Paslon Rindu Dirusak
Pj. Gubernur Jabar M. Iriawan Minta KPU Jamin Hak Pemilih
Empat Paslon Gubernur dan Wagub Jabar Sudah Memiliki Nomer Urut, Berikut Daftar Hasilnya

Jabarzone.com, Depok – Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan ide dan gagasannya membangun situ di kota Depok, jika dirinya terpilih sebagai Gubernur Jabar pada 27 Juni mendatang. Gagasannya adalah menjadikan puluhan situ di Depok itu  sebagai tempat wisata yang keren.

“Saya  sudah berdialog dengan tokoh masyarakat di sini, dan Insya Allah situ ini akan menjadi tempat keren seperti tempat-tempat di Bandung,” kata Kang Emil sapaan akrab  Wali Kota Bandung yang tengah cuti ini saat berkunjung ke Situ Rawa Kalong, Depok, Sabtu, 10 Maret 2018. Situ Rawa Kalong adalah salah satu situ dari puluhan situ yang ada di kota Depok.

Dari hasil menyerap aspirasi dan belanja masalah itulah, arsitek ini langsung membuat sketsa gambar perencanaan tata ruang situ. Di gambar itu terlihat gambar situ Rawa Kalong yang cukup luas yang dikeliling oleh taman dan pepohonan,  di sisi lainnya ada  area untuk olahraga, dan dermaga kecil tempat tambatan perahu kecil atau tempat untuk berselfie, boardwalk, dan  di sisi lainnya ada ampiteater.

Menggambar sketsa tata ruang ini bukan sekali ini saja dilakukan oleh Kang Emil. Saat berkunjung ke kampung  nelayan Muara Gembong, Kang Emil juga menggambar sketsa untuk menata kawasan Muara Gembong menjadi kampung nelayan yang tertata dan indah, serta menggiatkan ekonomi warta setempat.

“Penataan ini tujuannya agar warga bahagia sekaligus dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. Karena ada pelibatan masyarakat dalam memberdayakan ekonomi,” ujar Kang Emil.

Menurut dia, jika  Kota Depok yang memiliki 20 situ itu ditata situnya, diajak masyarakatnya untuk mengembangkan ekonomi lokal, maka ini dapat menjadi  potensi besar dibidang pariwisata. “Di Bandung saja, tembok yang digambarin jadi tempat selfie, apalagi situ sebagus ini kalau ditata lebih baik, pasti banyak wisatawan datang ke Depok,” ujar Kang Emil yang mengagumi kota Depok karena memiliki banyak situ.

Dia yakin, jika situ Depok ditata dengan baik ada pelibatan masyarakat di situ, maka salah satu program RINDU, yakni meningkatkan pariwisata di tahun pertama akan tercapai. Dia menyayangkan Situ Rawa Kalong yang indah tak terawat. “Bahkan airnya tercemar limbah pabrik. Padahal kalau ditata dengan baik akan menjadi potensi wisata menarik di Depok,” tukas Kang Emil. (*)

 

Editor : Eko TW

 

COMMENTS