Meningkatkan Literasi Masyarakat, Pj Bupati Purwakarta Resmikan Sudut Baca di Pelangi Plaza

Meningkatkan Literasi Masyarakat, Pj Bupati Purwakarta Resmikan Sudut Baca di Pelangi Plaza

Manusia Tertua se-Kab. Purwakarta, Aki Sobandi: Berumur Panjang Adalah Keberuntungan
Pameran Prakarya ‘MCICBBBK’ SDIT Cendekia Diapresiasi Disdik Purwakarta
Dandim 0619/Purwakarta Himbau Masyarakat Untuk Jaga Suasana Kondusif Selama Pilkada Serempak

Jabarzone.com, Purwakarta – Guna meningkatkan masyarakat gemar membaca, Pemerintah Kabupaten Purwakarta gandeng pusat perbelanjan, dalam memfasilitasi tempat sudut baca untuk literasi masyarakat.

Sudut baca di area pusat perbelanjaan itu adalah salah satu cara pemerintah nasional, Provinsi dan daerah untuk meningkatkan literasi masyarakat, hal tersebut diungkapkan, Penjabat Bupati Purwakarta, M Taufiq Budi Santoso.

“Ini awal yang baik. Sebagai salah satu cara meningkatkan budaya gemar membaca masyarakat,” ujarnya, saat meresmikan Sudut Baca di Pelangi Plaza lantai 2, Kamis (13/9/2018).

Menurut Taufiq, sudut baca yang didirikan dipusat perbelanjaan ataupun mall bertujuan agar masyarakat secara umum bisa mengakses buku bacaan dengan mudah.

“Tempat umum seperti mall ini kan banyak pengunjungnya. Nah dengan adanya pojok bacaan mereka bisa sambil belanja dan sambil baca buku juga. Nantinya gak hanya di mall saja tapi di tempat umum lainya seperti stasiun kereta api, halte bus, rumah sakit dan lainya,” ungkapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, menurut perwakilan pemilik Pelangi Plaza, Daniel Sianturi, pihaknya sangat mendukung dibukanya sudut baca.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta untuk membuka pojok baca di sini,” katanya.

Daniel mengungkapkan pihak Pelangi Plaza merasa bangga menjadi bagian dari program pemerintah dalam rangka peningkatan literasi dan budaya membaca di masyarakat.

“Tentu bangga jadi bagian dari program pemerintah. Apalagi di Purwakarta pojok baca di mall baru ada di kami,” ujarnya.

Diketahui, sementara ini terdapat sekitar 1300 buku anak-anak dan usia remaja pada Sudut Baca Pelangi Plaza.

“Buku tersebut adalah bantuan dari Perpustakaan Provinsi Jabar dan Kabupaten Purwakarta juga pemberian dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta serta sumbangan dari masyarakat umum,” pungkasnya.

Jurnalis : Deni Ramdani

COMMENTS