Menyambut HUT TNI ke 73, Program GERMAS Diluncurkan di Wilayah Kecamatan Tawang

Menyambut HUT TNI ke 73, Program GERMAS Diluncurkan di Wilayah Kecamatan Tawang

Jelang Pemilu, Camat Tawang Ajak Warganya Jaga Kebersamaan Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan
Camat Tawang Hadiri Milad ke 4 RW 17 Cikalang Girang
Camat Tawang Serahkan Dana Bantuan Program Gema Madani Simpati

Jabarzone.com, Tasikmalaya-Program GERMAS diluncurkan untuk menyikapi Tingginya tingkat kematian akibat PTM (penyakit tidak menular) seperti Jantung, kanker, hipertensi dan penyakit lainnya yang kini mulai marak di masyarakat.

“PTM ini disebabkan salah satunya adalah akibat pola hidup yang tidak sehat”, ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya H.Nendi Riswandi saat membuka Kegiatan GERMAS (Gerakan masyarakat hidup sehat) dalam rangka menyambut HUT TNI ke-73, Kamis (4/10/2018) pagi tadi dihalaman Tepbek Jl.Dr.Soekardjo Kelurahan Tawangsari Kecamatan Tawangsari Kota Tasikmalaya.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Puskesmas Tawang bekerjasama dengan Tepbek III.44.02.01B, dan Muspika Tawang.

Adapun maksud dan tujuan GERMAS ini merupakan
program nasional yang bertujuan untuk mensosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat Kecamatan sampai tingkat pusat.

Dalam acara tersebut diadakan kegiatan, Donor Darah, Senam sehat, Pemeriksaan kesehatan gratis,
Pemberian makanan sehat dan Penyuluhan tentang pola hidup sehat.

Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Tawang dr. Hj. Oni Herlin menjelaskan, Launching Program GERMAS yang dirangkaikan dengan HUT TNI ke-73 merupakan upaya pemerintah uuntuk mengajak masyarakat membiasakan pola hidup sehat.

Selain itu, masih Dr Oni, dari 7 pola hidup sehat, di prioritaskan 3 kebiasaan hidup sehat yg terus menerus disosialisasikan diantaranya ;
bergerak secara fisik/olah raga, makan buah dan sayuran
serta Pemeriksaan kesehatan secara berkala, katanya.

-Undangan & Peserta :
Dinkes Kota, Komandan Tepbek, Muspika Tawang, Ka UPTD Puskesmas Tawang, Lurah Tawangsari, RT/RW, perwakilan sekolah, kader posyandu, PMI, masyarakat sekitar dll.

Ditempat yang sama, Camat Tawang Drs.H.Deni Diyana mengatakan, satu hal yang seringkali kita lupakan adalah nikmat sehat. Kesehatan badan terasa menjadi sebuah karunia ketika kita sakit. Untuk itu pemerintah meluncurkan program GERMAS yang merupakan wujud kita untuk mensyukuri nikmat sehat tersebut.

“Dengan program GERMAS, Diharapkan terjadi peningkatan kualitas hidup masyarakat. Dengan badan yang sehat kita bisa melakukan apa saja, berbuat yang lebih banyak untuk kebaikan dan kemanfaatan semua,” papar Deni.

Dalam kegiatan tersebut beberapa undangan tampak hadir, diantaranya dari Dinkes Kota Tasikmalaya, Komandan Tepbek Kapten Asep Yayan, Kapolsek Tawang Iptu E Kosasih, Muspika Tawang, Ka UPTD Puskesmas Tawang, Lurah Tawangsari, RT/RW, perwakilan sekolah, kader posyandu, PMI dan masyarakat sekitar.

Jurnalis : Tono Efendi

COMMENTS