Pilkada Kabupaten Bandung, PKS dan Demokrat Usung “Gundala”

Pilkada Kabupaten Bandung, PKS dan Demokrat Usung “Gundala”

Jagoannya Tidak Lolos, TimGab Demokrat – PKB Tuding KPUD Garut Telah Mengorbankan Hak Politik Warga Negara
Kader Demokrat Jabar Siap Menangkan Jokowi  
PAW Demokrat: Uus Harus Lebih Baik Dari Iwan, Fatsun dan Loyal Kepada Partai

Jabarzone.com, Bandung – Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat mengusung pasangan “Gundala”,  Gungun Gunawan dan Dony Mulyana Kurnia (DMK) sebagai bakal calon Bupati Bandung pada Pilkada Serentak 2020. Kesepakatan koalisi PKS dan Demokrat ini ditanda-tangani di  Kantor DPD PKS, Bale Endah, Kabupaten Bandung, pada Ahad 5 Januari 2020.

Kesepakatan ditandatangani oleh masing-masing Ketua dan Sekretaris partai. Pada acara tersebut hadir Ketua DPD PKS Kabupaten Bandung Jajang Rohana dan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung Endang S.H., M.H., serta jajaran pengurus partai masing-masing.

Selanjutnya,  keduanya  akan mengurus rekomendasi dari kepengurusan partai tingkat Propinsi hingga tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing partai. Mereka menargetkan  Februari atau Maret Gundala akan dideklarasikan secara terbuka untuk umum.

PKS dan Partai Demokrat sepakat berkoalisi dalam Pilkada Kabupaten Bandung 2020. 

Meskipun koalisi PKS dan Demokrat sudah cukup untuk mengantarkan pasangan Gundala maju ke Pilkada Kabupaten Bandung, tapi mereka masih membuka partai lain untuk bergabung.

Pengusungan keduanya atas dasar pengalaman yang saling melengkapi. Gungun Gunawan atau akrab disapa Kang Gungun adalah incumbent Wakil Bupati sekarang (2015 sd 2020), sedang DMK  adalah  mantan Calon Wakil Bupati Kabupaten Bandung periode 2015, sekarang ia menjabat Wakil Ketua Umum KADIN Jawa Barat.

Baik Gungun maupun DMK adalah alumnus ITB. Gungun jurusan Biologi, sedangkan DMK  jurusan Teknik Arsitektur. “kami akan saling melengkapi dan menguatkan untuk perubahan Kabupaten Bandung lebih baik dan sejahtera,” kata DMK kepada Jabarzone.com hari ini.

Ketua Dewan Syuro PKS Jawa Barat Oded Muhammad Danial mengapresiasi koalisi antara PKS dan Demokrat yang akan mengusung Gungun dan Dony Mulyana. Menurut dia, kedua pasangan calon memiliki kredibilitas dan rekam jejak yang baik dalam membangun Kabupaten Bandung.

“Saya setuju sekali Kang Gungun berpasangan dengan Dony. Dony itu sudah lama menjadi saudara sejak saya nyalon wakil walikota bareng Kang Emil,” kata Oded yang kini menjabat sebagai Wali Kota Bandung ini.

Hal senada diungkapkan Dede Yusuf Macan Efendi, anggota DPR RI Dapil Kabupaten Bandung. “Saya sangat menyambut baik lahirnya Paslon GUNDALA di Kabupaten Bandung ini,” ujarnya.

Hingga saat ini yang baru memastikan diri untuk ikut berlaga di Pilkada Kabupaten Bandung adalah istri Bupati Bandung, Kurnia Agustina Naser melalui Partai Golkar.

Adapun peta kekuatan politik di Kabupaten Bandung dapat dilihat dari komposisi kursi di  DPRD Bandung Barat yakni, Partai Golkar 11 kursi, PKS 10 kursi, PDI Perjuangan 7 kursi, Partai Gerindra 7 kursi, PKB 6 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, Partai Nasdem 5 kursi, dan PAN 4 kursi.

Penulis: Esa Djudira

Foto: Istimewa

 

COMMENTS