Puluhan Rumah di Desa Margahurip Terendam Banjir

Puluhan Rumah di Desa Margahurip Terendam Banjir

Mengusung Tema Nyunda, Karta RW 01 Tarigu Banjaran Meriahkan HUT Kemerdekaan Ke 73 RI
Masjid Alhikmatul Ghoniyyah Sulaeman Distribusikan 600 lebih Paket Daging Qurban
Pemancar Stasiun Radio Malabar di Gunung Puntang Tempoe Doeloe

Jabarzone.com, Banjaran – Buruknya sistem drainase dan kurang tanggapnya pemerintah dinilai menjadi penyebabnya puluhan rumah di Desa Margahurip, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat terendam banjir.

Hujan deras yang terjadi pada Minggu, 2 September 2018, sekira pukul 14.00 WIB, mengakibatkan puluhan rumah yang berdiri di sisi Jalan Raya Pengalengan KM 21, tepatnya di Desa Margahurip, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, kemasukan air. Aliran air yang meluap ke jalan provinsi itu akibat sistem drainase yang sejak lama buruk dan terkesan dibiarkan.

“Saya sudah cukup lama menyampaikan hal ini kepada pemerintah desa Margahurip. Tapi hingga sekarang tidak ada realisasi atau upaya untuk membenahi buruknya drainase yang mengakibatkan air meluap ke rumah warga apabila terjadi hujan,” ungkap Eko, warga RT 04 RW 01 kepada jabarzone.com, Minggu (2/9/2019).

Padahal, jika pemerintah desa, lanjut Eko, bisa meneruskan masalah sering meluapnya air ke jalan akibat drainase yang buruk itu ke tingkat pemerintahan diatasnya. “Pemerintah Desa Margahurip semestinya sudah paham bagaimana mekanismenya untuk menangani persoalan keluhan warga tersebut,” tandasnya.

Koordinasi dan sub koordinasi antara pemerintah desa, kabupaten dan provinsi, yang kemudian dipertanyakan Eko.

“Tak pernah ada solusi terhadap warga yang rumahnya kemasukan air jika turun hujan, sementara aduan sudah disampaikan ke pemerintah desa. Bukti bahwa koordinasi atau persoalan keluhan ini tidak pernah sampai ke pemerintah diatas. Apakah harus menunggu bencana besar sehingga merugikan warga yang lebih besar lagi lalu solusi perbaikan drainase dikerjakan?” ujarnya dengan nada geram.

Jurnalis : Yono Hermawan

COMMENTS