Ribuan Warga Mentawai Dapat Layanan Kesehatan Gratis dari PWI, TNI AD dan Artha Graha Peduli

Ribuan Warga Mentawai Dapat Layanan Kesehatan Gratis dari PWI, TNI AD dan Artha Graha Peduli

HPN 2018 Bersama Artha Graha Gelar Bakti Sosial di Mentawai
Presiden Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2018
Hadiri HPN 2018, Sejumlah Tokoh dan Pemilik Media Pergunakan Jet Pribadi

Jabarzone.com, Mentawai – Mengisi rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama dengan TNI AD dan Artha Graha Peduli mengadakan layanan kesehatan gratis bagi 1.150 pasien di Mentawai tangal 7 – 8 Februari 2018.

Hal ini diungkapkan oleh Kol. Inf. Asep Apandi, SIP, MSi, Kasi Teritorial, Korem 032/Wirabraja selaku penanggungjawab kegiatan bakti sosial tersebut kepada media ruang kerjanya, Sabtu (3/2/2018).

Kol. Inf. Asep Apandi, SIP, MSi, Kasi Teritorial, Korem 032/Wirabraja

“Kita dibantu tim medis dari Dinas Kesehatan Sumbar, RST, RSUD Mentawai dan Artha Graha Peduli,” jelasnya.

Dijelaskan Asep, pelayanan kesehatan gratis bagi 1.150 pasien dari Pulau Sipora, Siberut dan Sikakap itu dipusatkan di RSUD Mentawai di Tuapejat. “Jenis pelayanan adalah Khitanan, Screening Katarak, IVA Test, Screening Malaria dan Pengobatan Umum,” jelasnya.

“Untuk ini, kita dibantu oleh 4 orang Dokter Spesialis, 8 orang Dokter Umum, 1 orang Dokter Gigi, 20 orang Perawat, dan 6 orang Apoteker,” ujar Asep Apandi. “Kita dapat support obat dari Yayasan Budha Suci,” tambahnya sembari mengatakan, kegiatan ini juga dibantu oleh puluhan anggota Korem dan Kodim Mentawai.

Dikatakan Asep, kegiatan Bakti Sosial HPN itu akan dihadiri oleb Menko Maritim, Menteri Perhubungan dan Menteri Pariwisata. “Juga hadir Danrem, Dandim Mentawai serta pejabat Pemprov Sumbar dan Pemkab Mentawai,” ujarnya.

Asep menambahkan kegiatan ini akan diliput oleh 30 lebih wartawan lokal dan nasional.

“Alhamdulillah koordinasi persiapan dengan pihak terkait berjalan baik dan lancar, dan Insya Allah tanggal 7 sampai 8 Februari kita sudah bisa fokus melayani pasien,” tutup Putera Jawa Barat itu.

HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Rangkaian acara HPN akan diisi konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa sehari sebelum acara puncak, termasuk di dalamnya pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial.

Begitu juga dengan gelaran pesta adat Makan Bajamba sekaligus pemberian anugerah Adinegoro pada tanggal 8 Februari dan puncak acara HPN 2018 pada tanggal 9 Februari 2018. Kedua kegiatan ini dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Jurnalis : TIM

Editor : Banny

Sumber : Jurnal Sumbar

COMMENTS