RSIA Adakan Simulasi Bencana Bersama BPBD Kabupaten Tasikmalaya

RSIA Adakan Simulasi Bencana Bersama BPBD Kabupaten Tasikmalaya

Cuaca Ekstrem, Warga Jabar Diminta Waspadai Bencana Banjir dan Longsor
Dua Rumah Warga Garut Rusak Parah Diterpa Angin Kencang
Antisipasi Bencana, Dinsos Jabar dan Kabupaten Beserta Tagana Gelar Simulasi

Jabarzone.com, Tasikmalaya – Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) yang bertempat di kampus Stikes Resapati Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (11/10/2018) pagi tadi menggelar acara Simulasi bencana bersama BPBD Kabupaten Tasikmalaya.

Acara simulasi bencana yang di gagas oleh Purwoto sebagai PJS Wadir RSIA dan di ikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Rumah Sakit swasta itu berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

“Saya sengaja adakan simulasi bencana ini untuk melindungi pasien dan memberikan pengetahuan kepada para perawat dan dokter, jadi mereka tahu apa yang harus dilakukan jika musibah bencana itu datang,” jelasnya.

Dikatakannya, tingkat kerawanan terutama di gedung bertingkat sangatlah rawan, jadi mereka para medis akan panik, sehingga mereka pasti akan meninggalkan pasien yang sedang terbaring, tapi kalau simulasi bencana ini sudah diberikan pada mereka, Insya Alloh mereka akan tenang dan bisa mengevakuasi pasiennya.

Menurut pengakuan salah seorang karyawati di RSIA Respati Yuri ( 26 ) kepada Jabarzone.com, dirinya sangat bersyukur sekali dengan adanya simualsi bencana ini.

“Tadinya saya bingung kalau ada bencana terjadi, tapi setelah saya diberi pemahaman oleh tim dari BPBD, saya jadi tenang dan tahu apa yang harus saya lakukan,” paparnya.

Sementara itu Adi Gita Nugraha selaku Kasie Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tasikmalaya mengaku merasa bangga dengan adanya panggilan untuk melakukan simulasi bencana, sehingga apa yang dilakukan pihak BPBD bisa memberikan sedikit pemahan dikala bencana terjadi, baik itu bencana gempa, kebakaran dan yang lainnya.

“Dimanapun dan kapanpun jika di butuhkan untuk memberikan pengetahuan tentang Kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Insya Alloh kami siap, dan semoga ilmu yang telah kami berikan pada mereka bisa bermanfaat untuk menolong siapa saja yang tengah mengalami bencana,” pungkasnya.

Jurnalis : Engkos

COMMENTS