Sudah 900 lebih Kades Ditangkap, Jokowi Minta Masyarakat Ikut Awasi Dana Desa

Sudah 900 lebih Kades Ditangkap, Jokowi Minta Masyarakat Ikut Awasi Dana Desa

Terkait Dana Desa, Kades Eri Sutanto: Siap Dicopot Bila Terbukti Bersalah
Bupati Garut Terkejut, Ratusan Desa Belum Laporkan Tentang DD
Kurun 4 Bulan, Ada 10 ribu Laporan Penyelewengan Dana Desa, Eko Putro Sandjojo: Akan Ditindaklanjuti

Jabarzone.com, Garut – Presiden Jokowi mengatakan pemerintah tidak tutup mata terkait kepala desa yang masuk penjara karena melakukan korupsi dana desa. Bahkan, Jokowi mengungkapkan ada 900 lebih kepala desa yang ditangkap.

“Ada lebih dari 900 kepala desa yang ditangkap gara-gara dana desa, tapi itu dari 7.400 (kepala desa). Ada yang ‘belok’, kita tidak tutup mata,” ucap Jokowi kepada wartawan selepas menghadiri acara pembagian sertifikat tanah di Lapangan Merdeka Kerkof, Tarogong Kidul, Garut, Selasa (17/10).

Untuk itu, Jokowi kembali menegaskan pentingnya seluruh masyarakat diajak musyawarah soal penyaluran dana desa.

“Seluruh masyarakat harus diajak bicara. Dana itu dipakai untuk apa, dimusyawarahkan dalam forum desa. Mau dipakai bangun irigasi dan jalan desa, silakan. Paling penting harus produktif,” tutur Jokowi.

Peran masyarakat dalam ikut mengawasi proses penyaluran dana desa, diharapkan Jokowi bisa meningkatkan efektivitas dana desa.  Bukan hanya pemerintah yang bertugas dalam mengontrol dana desa,”.

“Mungkin pemerintah pusat, provinsi, daerah mengikuti begitu banyak desa, (tapi) kontrol dan pengawasan yang baik adalah dari masyarakat,” tegas Jokowi.

 

Jurnalis : Tim JZ

 

COMMENTS