UPI Sukses Gelar Festival Tingkat Penegak ‘Pramuka Berkarya Dengan Semangat Berbudaya Untuk Bangsa’

UPI Sukses Gelar Festival Tingkat Penegak ‘Pramuka Berkarya Dengan Semangat Berbudaya Untuk Bangsa’

Ahmad Heryawan: Unit Sekolah Baru Akan Dibangun Bertahap
SMAN 1 Cibatu Purwakarta Gelar Aksi Pengumpulan Seragam Sekolah Dan Tas Pasca Pelulusan Sekolah
Patut Ditiru, Ratusan Murid SDIT Cendikia Ikut Menangani Pembagian Daging Qurban

Jabarzone.com, Purwakarta – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta sukses menggelar Festival UPI Purwadwiguna – Purwadwiloka 4.0 Tingkat Penegak (SMA/SMK/MA) dan Tingkat Penggalang (SMP/Mts). Kegiatan tersebut bertemakan ‘Pramuka Berkarya Dengan Semangat Berbudaya Untuk Bangsa’ di Kampus UPI Purwakarta Jalan Veteran No. 8 Purwakarta, Sabtu (29/9) kemarin.

Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah II Jawa Barat Toto Muhammad Toha, membuka langsung kegiatan festival tersebut yang memperebutkan Piala Bergilir dan Piagam Penghargaan Kwarda Jawa Barat, serta uang pembinaan senilai jutaan rupiah.

“Apresiasi tinggi saya tujukan kepada UPI Kampus Purwakarta atas terselenggaranya festival ini yang semakin menguatkan kembali eksistensi kegiatan tingkat penegak dan penggalang di Jawa Barat,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Pelaksana Nur Alfi Hasanah mengatakan, Festival UPI Purwadwiguna-Purwadwiloka 4.0 menghadirkan lima mata lomba kemampuan khusus Pramuka. Kelimanya adalah Lomba Kreasi Baris Berbaris, Tari Komando, Miniatur Pionering, Scout Talent, dan Karikatur.

“Festival UPI Purwadwiguna -Purwadwiloka tahun ini merupakan yang keempat kalinya digelar UPI Kampus Purwakarta. Pesertanya dari 29 pangkalan (sekolah) dan 975 peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat,” kata Alfi.

Sementara itu, Pradana Putri Ambalan Purwadwiloka Pangkalan UPI Kampus Purwakarta Fauzia Maehastuti berharap, festival ini bisa meningkatkan kreativitas dan kegiatan di gugus depan masing-masing, khususnya di UPI Kampus Purwakarta. “Tunjukkan kemampuan terbaik dan teruslah bersaing dengan sehat,” ujarnya.

Hal senada pun diungkapkan Pradana Putra Ambalan Purwadwiguna Pangkalan UPI Kampus Purwakarta Muhammad Nur Farkhi Fajri. Dirinya bersyukur festival tersebut bisa terselenggara dengan lancar.

“Ini semua berkat kerjasama tim yang baik. Harapan ke depan festival ini bisa terus eksis dan berkembang. Kalau bisa tahun depan cakupannya nasional dan partisipasi sekolah semakin banyak,” ucapnya.

Jurnalis : Deni Ramdani

COMMENTS